ANIMASI JARIMATIKA UNTUK ANAK MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Samudra P., Randy Bayu - 055410014 (2009) ANIMASI JARIMATIKA UNTUK ANAK MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
Kover Depan.docx - Published Version

Download (92kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
HALAMAN MOTTO.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.docx - Published Version

Download (17kB)
[img] Text
Bab I.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version

Download (12kB)
[img] Text
Petunjuk Menggunakan Quiz.rtf - Published Version

Download (6kB)
[img] Text
list program.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)

Abstract

Setiap anak memiliki cara masing – masing dalam memahami pelajarn yang diterima. Dengan kondisi tersebut orang tua dan guru harus dapat mengetahui dengan tepat pendekatan yang cocok untuk anak – anaknya. Seperti halnya belajar berhitung. Untuk meningkatkan efektifitas belajar, para orang tua dan guru dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga atau media yang lainnya. Jari tangan juga merupakan alat yang dapat digunakan dalam berhitung. Dengan eksperimen yang tepat maka tercipta suatu metode berhitung yang memanfaatkan jari tangan yang disebut dengan metode jarimatika. Metode ini selain menggunakan media jari tangan juga memanfaatkan media suara sehingga anak – anak merasa belajar seperti bermain. Untuk menarik minat anak – anak, maka metode jarimatika tersebut di buat animasikan dalam sebuah aplikasi komputer. Aplikasi ini dibuat menggunakan Acces 2000. Aplikasi ini terdiri dari beberapa menu yaitu pengenalan angka yang terdiri dari angka satuan, puluhan, teman besar, teman kecil dan rumus. Menu latihan yang terdiri dari opersi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, dan juga quiz untuk mengetahui sejauh mana anak atau user dalam memahami perhitungan jarimatika. Dengan aplikasi jarimatika anak – anak dapat belajar berhitung menggunakan metode jarimatika secara mandiri dan hanya mencakup pada perhitungan satuan dan puluhan saja. Kata kunci : Anak – anak, Jarimatika, Multimedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sigit Anggoro, S.T., M.T. Call Number : 1619 Sam a
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Anak – anak, Jarimatika, Multimedia.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 18 Mei 2016 03:28
Last Modified: 18 Mei 2016 03:28
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item View Item