IMPLEMENTASI METODE GROUND PLANE UNTUK VISUALISASI HABITAT KUPU-KUPU MENGGUNAKAN VUFORIA AUGMENTED REALITY

Yudistira, Antonius Bagas Aril - 135410070 (2020) IMPLEMENTASI METODE GROUND PLANE UNTUK VISUALISASI HABITAT KUPU-KUPU MENGGUNAKAN VUFORIA AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1_135410070_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_135410070_BAB I.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_135410070_BAB II.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img] Text
4_135410070_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
5_135410070_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img]
Preview
Text
6_135410070_BAB V.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_135410070_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_135410110_CARA MENJALANKAN PROGRAM.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text
9_135410070_LISTING PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)

Abstract

Ground Plane adalah metode dengan kemampuan rekonstruksi 3D baru yang membawa pengalaman interaktivitas untuk augmented reality ke level yang lebih seru. Aplikasi yang didukung oleh Ground Plane ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan ruang bermain mereka sendiri di mana karakter permainan dapat berinteraksi dengan dunia nyata. Vuforia Ground Plane sebagai bagian dari Smart Terrain memungkinkan konten digital ditempatkan pada permukaan horizontal di lingkungan Pengguna, seperti lantai dan permukaan meja. Ground Plane menyediakan solusi ideal bagi pengembang untuk menciptakan pengalaman Augmented Reality mulai dari aplikasi Pembelajaran di bidang pendidikan hingga game dan visualisasi desain. Metode pengujian dengan melakukan simulasi untuk menemukan lingkungan yang didukung untuk menjalankan metode ground plane pada bidang datar dengan menggunakan single kamera smartphone. Pengujian dimulai dengan mencari posisi kamera yang difokuskan pada bidang datar, pencahayaan di pagi hari 1290 Lux (lx), sore hari 535 Lux (lx) dan malam hari 28 Lux (lx) pada permukaan bidang datar yang sama. Hasil dari sistem akan berupa sebuah aplikasi dengan metode ground plane yang dapat memvisualisasi habitat kupu-kupu pada permukaan bidang datar. Berdasarkan hasil pengujian pada metode ground plane untuk penggunaan single kamera, dapat disimpulkan bahwa lingkungan yang didukung yaitu kondisi tinggi kamera pada bidang datar 100 cm dengan sudut 60 derajat, dan ukuran intensitas cahaya 535 lux (lx) detail permukaan yang stabil yaitu permukaan yang rata dan tidak bergelombang. Kata Kunci : Augmented reality, AR Camera, Ground plane, Unity Asset, Vuforia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, AR Camera, Ground plane, Unity Asset, Vuforia.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 24 Nov 2020 06:38
Last Modified: 24 Nov 2020 06:38
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9038

Actions (login required)

View Item View Item