PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER TEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASIS ANDROID

Widanarko, Muhammad - 135410193 (2019) PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER TEXT RECOGNITION AND TRACKING BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1_135410193_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_135410193_BAB_I.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_135410193_BAB_II.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img] Text
4_135410193_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
5_135410193_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6_135410193_BAB_V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_135410193_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_135410193_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img] Text
9_135410193_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

INTISARI Pengenalan buah menggunakan objek visual 3 dimensi lebih diminati dalam pembelajaran dimasa pertumbuhan anak untuk menumbuhkan minat dalam mengkomsumsi buah maupun mengetauhi jenis-jenis buah yang akan di konsumsi. Disini dalam pengenalan buah masih banyak menggunakan poster maupun buku yang gambarnya masih bersifat dua dimensi, yang kurang diminati untuk anak zaman sekarang yang sifatnya lebih digital dan moderen. Aplikasi yang dibuat menggunakan teknologi Augmented-reality dengan merapkan metode text recognition. Penerapan metode text recognition pada aplikasi terlebih dahulu membuat visual teks dua dimensi di aplikasi unity yang ditujukan untuk menyerupai teks nyata dua dimensi yang nantinya akan di berikan identitas object tertentu untuk memunculkan objek tiga dimensi yang sudah dilakukan pengujian dalam huruf digital (font) dan tulisan tangan, dimana huruf digital dengan menggunakan kararter perkodean UTF-8 dan tulisan tangan harus menulis dengan presisi. Download database dari vuforia tentang text recognation, itu berisi karakteristik-karakteristik yang sudah ditentukan oleh vuforia apa saja huruf-huruf yang bisa terbaca nantinya yang memiliki karakter perkodean UTF-8. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan aplikasi pengenalan buah menggunakan teknologi augmented reality dengan metode text recognition and tracking berbasis android yang dapat menampilkan objek buah visual tiga dimensi, yang didalamnya memiliki fiktur keterangan deskripsi untuk pembelajaran anak dengan bentuk audio dan teks. Marker dalam pengujian bisa menggunakan tulisan tangan yang di tulis secara presisi, marker juga bisa menggunakan berbagai warna, berbagai ukuran dan maupun bentuk huruf yang berbeda tetapi huruf harus menggunakan karakter pengkodean UTF-8. Kata kunci : Android, Augmented Reality, Marker, Text Recognition, Tracking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Y. Yohakim Marwanta, S. Kom., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Android, Augmented Reality, Marker, Text Recognition, Tracking.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android

A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Users 6091 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 08:32
Last Modified: 19 Feb 2019 08:32
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8276

Actions (login required)

View Item View Item