APLIKASI SUDOKU DI LINUX BERBASIS OPEN SOURCE

Pratama, Budi- 045410226 (2008) APLIKASI SUDOKU DI LINUX BERBASIS OPEN SOURCE. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
cover.doc - Published Version

Download (95kB)
[img] Text
Halaman Depan 1.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB I.doc - Published Version

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
BAB III.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.doc - Published Version

Download (39kB)

Abstract

Tujuan penulisan karya tulis yang berjudul “APLIKASI SUDOKU BERBASIS OPEN SOURCE” adalah memberikan kemudahan bagi para pengguna komputer dalam memainkan Sudoku yang kebanyakan aplikasi ini masih dimainkan secara manual, sehingga kita tidak tahu sampai dimana tingkat kecerdasan kita. Selanjutnya beberapa poin yang mendasari penulisan karya tulis ini adalah Open Source dalam bahasa Indonesia berarti Kode Terbuka. tujuan Open Source sebenarnya adalah ingin menghilangkan ketergantungan terhadap vendor program, dimana vendor bisa saja bertindak seenaknya. Program Open Source sendiri berkaitan erat dengan sistem operasi Linux, dengan bahasa pemrograman Gambas dalam pembuatan “APLIKASI SUDOKU BERBASIS OPEN SOURCE”, Gambas diciptakan oleh Benoit Minisini (perancis) merupakan salah satu bahasa pemrograman visual di linux, yang dibuat sebagai interpreter bahasa basic. Sudoku adalah sebuah permainan untuk mengasah otak, papan Sudoku terbuat dari sembilan buah kotak berukuran 3×3 (kita sebut saja blok) yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan kotak besar berukuran 9×9. Beberapa kotak sudah diisi sebagai petunjuk awal dan tugas pemain adalah melengkapi angka-angka pada kotak yang lain sehingga keseluruhan papan permainan terisi secara lengkap. Dalam perncangan sistem tersebut pasti dibutuhkan system pendukung yaitu sistem perangkat keras dan sistem perengkat keras. Adapun rancangan form yang terdapat pada program Aplikasi Sudoku di Linux Berbasis Open Source ini, terdiri dari 9 buah form yaitu FrmHal1, FrmMain, FrmTraining, FrmLevel1, FrmLevel2, FrmLevel3, FrmLevel4, FrmLevel5, dan FormRekor. Serta dalam pembahasan dijelaskan bagaimana kesembilan form tersebut dapat diaplikasikan dengan rule yang sudah ditentukan, sehingga tercipta sebuah aplikasi permainan Sudoku yang siap dimainkan, dengan penyimpanan rekor data dengan database dan ditampilkan pada sebuah form.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : BambangP.D.P.,S.E,Akt.,S.Kom.MMSI. Enny Itje Sela,S.Si.,M.Kom. Call Number : 1168 Pra a
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 07 Des 2016 06:36
Last Modified: 07 Des 2016 06:36
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item