TEKNIK DATA MINING DI DALAM PENGELOMPOKAN (CLUSTERING) KONSUMEN

Amrullah, Fakhrul - 025410044 (2006) TEKNIK DATA MINING DI DALAM PENGELOMPOKAN (CLUSTERING) KONSUMEN. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.doc - Published Version

Download (44kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.doc - Published Version

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
BAB IV.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.doc - Published Version

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc - Published Version

Download (30kB)
[img] Text
manual aplikasi.doc - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Source Code.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Teknik Data Mining di dalam Pengelompokan (Clustering) Konsumen dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic .Net 2005 dan menggunakan Oracle 10g sebagai databasenya. Aplikasi tersebut digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan di dalam suatu penjualan. Pada aplikasi ini terdapat tiga tahap yaitu tahap pertama yang berisi data mentah kemudian tahap tahap kedua yaitu data warehouse yaitu data- data yang berasal dari data mentah yang telah di bersihkan dan dipilih attribut yang akan diteliti, pada tahap ketiga yaitu data mining, disini user menginputkan jumlah cluster dan jumlah iterasi untuk melakukan perhitungan sehingga outputnya berupa hasil perhitungan dan berupa grafik dari hasil perhitungan tersebut. Metode yang digunakan pada data mining yaitu metode K-Means Clustering. Pada metode ini diberikan suatu cluster data kemudian data dimasukkan ke cluster tertentu secara acak kemudian nilai tengah setiap cluster akan dihitung setelah itu cari suatu kelompok data baru dengan menunjuk setiap data sampel ke nilai tengah cluster terdekat setelah itu hitung nilai tengah cluster yang baru. Kondisi ini terus menerus diulang sampai iterasi yang diinginkan tercapai Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa metode K-Means Clustering dapat menunjukkan pola pembelian dari konsumen dan pengelompokan data yang terjadi sehingga dari pengetahuan ini memudahkan mengambil keputusan. Kata Kunci : Data warehouse, Data Mining, K-Means Clustering

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Redjeki, S.Si, M.Kom. Endang Wahyuningsih, S.Kom. Call Number : 784 Amr t
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Data warehouse, Data Mining, K-Means Clustering
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Pemrograman (Programming)
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 05 Des 2016 06:27
Last Modified: 05 Des 2016 06:27
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item View Item