ANALISIS SENTIMEN PADA AKUN TWITTER BNI CUSTOMER CARE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC)

- 165410042, Awaluddin (2021) ANALISIS SENTIMEN PADA AKUN TWITTER BNI CUSTOMER CARE MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (NBC). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img] Text
1_165410042_HALAMAN_DEPAN - Awal uddin.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text
2_165410042_BAB_I - Awal uddin.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text
3_165410042_BAB_II - Awal uddin.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
4_165410042_BAB_III - Awal uddin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
5_165410042_BAB_IV - Awal uddin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
6_165410042_BAB_V - Awal uddin.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text
7_165410042_DAFTAR_PUSTAKA - Awal uddin.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
8_165410042_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM - Awal uddin.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
9_165410042_LISTING_PROGRAM - Awal uddin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN PERSETUJUAN PUBLIKASI - Awal uddin.pdf - Published Version

Download (191kB)

Abstract

BNI sebagai salah satu Bank BUMN mempunyai akun twitter yaitu BNICustomerCare yang khusus melayani keluhan, memberikan solusi kepada nasabah dan memberikan informasi terkait dengan pelayanan Bank Negara Indonesia (BNI). Sehingga pada akun twitter BNI terdapat banyak komentar atau masukan terkait pelayanan BNI yang dapat di analysis setimen, apakah sentimen pelayanan yang diberikan BNI terhadap nasabahnya bernilai positif, netral atau negatif. Karena banyaknya keluhan atau komentar yang ada twitter Bank BNI yang tidak dapat di klasifikasi sentimen-nya satu persatu secara manual dikarenakan akan memakan waktu yang sangat lama, maka dapat dibuat sebuah sistem yang mampu menganalisis dan mengklasifikasi sebuah kalimat keluhan nasabah secara otomatis menggunakan teknologi ML (Mechine Learning). Ada beberapa metode yang biasa digunakan dalam ML untuk mengklasfikasi sebuah kalimat atau teks salah satunya adalah Naive Bayes Classifier (NBC). Metode ini membantu untuk mengukur akurasi test dari klasifikasi sentimen yang sudah ditentukan sebelumnya pada sistem ML yang di buat berbasis web. Pada sistem yang dibuat ini tidak hanya menentukan senitmen dari setiap keluhan nasabah, tetapi juga memberikan info grafik Word Cloud atau kata-kata yang sering di keluhkan oleh nasabah pada akun twitter BNI. Kata kunci : Analisis Sentimen. Naive Bayes Classifier. Python Language Programming.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sari Iswanti, S.Si., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen. Naive Bayes Classifier. Python Language Programming.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 24 Nov 2021 02:25
Last Modified: 24 Nov 2021 02:25
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9472

Actions (login required)

View Item View Item