Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Integral Pada Mata Kuliah Matematika Informatika Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Arvianto, Ilham Rais (2016) Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Integral Pada Mata Kuliah Matematika Informatika Ditinjau Dari Gaya Kognitif. STMIK AKAKOM, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1_141178_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_141178_BAB_I.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_141178_BAB_II.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_141178_BAB_III.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text
5_141178_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
6_141178_BAB_V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
7_141178_BAB_VI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_141178_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral pada mata kuliah Matematika Informatika menurut gaya kognitifnya, dan (2) mengidentifikasi factor penyebab kesulitan belajar yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral pada mata kuliah Matematika Informatika ditinjau dari gaya kognitifnya. Gaya kognitif dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Matematika Informatika kelas TI-5, Jurusan TI STMIK Akakom tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini terdiri dari 6 orang (3 orang FD dan 3 orang FI) yang diambil menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes gaya kognitif (GEFT), tes tertulis dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Terdapat beberapa perbedaan kesulitan yang dialami mahasiswa FD dengan mahasiswa FI dalam menyelesaikan soal integral pada mata kuliah Matematika Informatika. (2) Terdapat persamaan faktor penyebab dari kesulitan belajar yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral pada mata kuliah Matematika Informatika.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: kesulitan_mahasiswa, integral, gaya_kognitif
Subjects: F Ilmu Alam Dan Matematika (Natural Science And Mathematics) > F1 Matematika (Mathematics)
Divisions: Laporan Penelitian Dan Pengabdian
Depositing User: Wahyu Firmanto
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:53
Last Modified: 12 Feb 2018 06:53
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item