APLIKASI SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI GANGGUAN HANDPHONE NOKIA TIPE 6600 BESERTA SOLUSI BERBASIS WEB DAN MULTIMEDIA

Pratama, Arif Mubarrok - 065410008 (2010) APLIKASI SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI GANGGUAN HANDPHONE NOKIA TIPE 6600 BESERTA SOLUSI BERBASIS WEB DAN MULTIMEDIA. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
Halaman depan Lengkap.rtf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.rtf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.rtf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text
BAB II.rtf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)
[img] Text
BAB III.rtf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[img] Text
BAB IV.rtf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (66MB)
[img] Text
BAB V.rtf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text
Listing.rtf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Pada penelitian ini dibuat suatu sistem berbasis pengetahuan mengenai diagnosa gangguan monitor. Sistem ini merupakan suatu sistem dimana seorang pakar dapat mentransfer pengetahuannya dengan bantuan mesin komputer. Sistem ini menggantikan keberadaan seorang pakar untuk mendapatkan sebuah kesimpulan dan solusi dengan cepat dari masalah yang dihadapi khususnya dalam bidang gangguan handphone nokia 6600. Tujuan dari sistem berbasis pengetahuan ini adalah untuk mempermudah dan membantu kerja dari teknisi handphone dalam meperbaiki gangguan yang terdapat pada handphone, karena sebagian gejala, bagian gangguan dan solusi gangguan sudah terekam dalam basis aturan pada sistem pakar ini. Komponen-komponen utama sistem pakar yang digunakan dalam sistem ini antara lain basis pengetahuan (knowledge base), basis data (database), mesin inferensi (inference engine), dan antar muka pemakai (user interface). Teknik inferensi yang digunakan yaitu penalaran maju (forward reasoning). Penalaran maju (forward reasoning) merupakan pelacakan yang memulai penalarannya dari sekumpulan data menuju kesimpulan. Dari analisa dan perancangan yang telah dilakukan pada Sistem Berbasis Pengetahuan Identifikasi GANGGUAN handphone Menggunakan Web dan Multimedia, maka tahap implementasi dibuat sebuah program aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP dan knowledge disimpan dalam database MySQL. Pada sistem ini dilengkapi dengan menu konsultasi dimana terdapat 2 jawaban yang dapat dipilih untuk setiap gejala yang diajukan. Jawaban tersebut adalah “Ya”, dan “Tidak” Setiap jawaban diatas mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan hasil akhir berupa kesimpulan. Kata kunci : basis pengetahuan, forward reasoning, inference, knowledge, MySQL, PHP, WEB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Enny Itje Sela, S.Si., M.Kom. Call Number : 1642 Pra a
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : basis pengetahuan, forward reasoning, inference, knowledge, MySQL, PHP, WEB.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 18 Mei 2016 03:29
Last Modified: 18 Mei 2016 03:29
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item