PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK

Raditya, Priska Arif - 155410009 (2020) PEMANFAATAN TELEGRAM BOT UNTUK APLIKASI PENGADUAN KELUHAN INTERNAL PLN UP2D JTY DCC YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE WEBHOOK. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1_155410009_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_155410009_BAB_I.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_155410009_BAB_II.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text
4_155410009_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
5_155410009_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img]
Preview
Text
6_155410009_BAB_V.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_155410009_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_155410009_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9_155410009_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)

Abstract

Sistem pengaduan keluhan internal UP2D DCC Yogyakarta selama ini hanya disampaikan secara langsung sehingga tidak ada record yang tersimpan. Akan lebih baik apabila transaksi tersebut tersimpan pada sistem yang terpadu, sehingga memudahkan setiap orang untuk mengakses dan mengetahui tentang informasi keluhan tersebut. Oleh karena itu diperlukan sistem untuk menampung beberapa hal di atas. Telegram mesengger merupakan salah satu social messenger yang penuh dengan fitur-fitur uniknya. Salah satunya adalah fitur bot-nya (Telegram Bot). Telegram Bot API menawarkan platform untuk pengembang yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah menangkap data dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna. Aplikasi ini terbagi menjadi dua, yaitu aplikasi berbasis web dan aplikasi berbasis mobile (telegram bot). Aplikasi berbasis mobile yang dikembangkan menggunakan metode komunikasi webhook. Metode ini dipilih karena bot tidak harus melakukan update secara terus-menerus karena bot ditanam di sebuah Uniform Resource Locator (URL). Ketika ada pesan masuk, pesan tersebut akan ditampilkan atau diteruskan ke URL yang telah diatur untuk selanjutnya diproses oleh bot. Dari pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat berfungsi sesuai dengan rancangan. Setelah dilakukan pengujian waktu respon terhadap perintah, waktu respon dengan metode webhook lebih cepat dibandingkan dengan metode long polling. Kata kunci : keluhan, long polling, telegram, telegram bot API, webhook

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Edi Iskandar, S.T., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Keluhan, long polling, telegram, telegram bot API, webhook
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:29
Last Modified: 23 Nov 2020 06:29
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item