IMPLEMENTASI TEKNOLOGI WEB SERVICE PADA PELAYANAN PDAM KABUPATEN BANTUL BERBASIS ANDROID

Hafiz, Mas'ud - 155410022 (2020) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI WEB SERVICE PADA PELAYANAN PDAM KABUPATEN BANTUL BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1_155410022_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2_155410022_BAB_I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
3_155410022_BAB_II.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
4_155410022_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_155410022_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
6_155410022_BAB_V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_155410022_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_155410022_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img] Text (LISTING PROGRAM)
9_155410022_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perangkat berbasis mobile yang kini telah merambah pada berbagai sektor layanan publik menunjukkan betapa pentingnya perangkat tersebut. Salah satu sektor layanan publik tersebut adalah PDAM Kabupaten Bantul, dimana PDAM Kabupaten Bantul telah mempunyai aplikasi pelayanan yang diberi nama “SIAP PRIMA” aplikasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi layanan seperti info tagihan, pengaduan, pendaftaran dan berita, namun dalam aplikasi tersebut masih terdapat beberapa kendala, diantaranya saat pendaftar melakukan pendaftaran maka aplikasi tidak memberikan tanggapan apakah data pendaftar telah terkirim atau belum, kemudian saat melakukan pengaduan aplikasi juga tidak memberikan tanggapan dan saat ada informasi gangguan air, pelanggan tidak mendapatkan notifikasi dari aplikasi. Dengan adanya kendala tersebut, maka dilakukan pembaruan aplikasi dengan menambahkan teknologi yang berperan untuk dapat mengirimkan notifikasi dalam aplikasi, dalam penelitian ini sistem yang digunakan adalah sistem web service dan teknologi dari Firebase Cloud Messaging yang disediakan oleh perusahaan Google. Penggunaan web service dimaksudkan untuk sebagai jembatan pertukaran data dari sisi server kepada sisi client, dimana pada sisi client yang digunakan merupakan perangkat mobile android, sedangkan untuk FCM sendiri berguna sebagai layanan untuk mengirimkan pesan dari pihak server kepada pihak client. Implementasi dari penelitian ini memiliki fitur untuk menampilkan tanggapan dari aplikasi bahwa pendaftaran telah terkirim serta pendaftar dapat mendapatkan validasi melalui email, kemudian aplikasi juga menampilkan notifikasi saat pengaduan dari pelanggan ditanggapi oleh admin dan saat ada informasi gangguan air maka aplikasi dapat menampilkan notifikasi. Kata Kunci : Android, Client-Server, Firebase Cloud Messaging, REST API, Web Service.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dison Librado, S.E.,M.Kom
Uncontrolled Keywords: Android, Client-Server, Firebase Cloud Messaging, REST API, Web Service.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Database
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Users 7952 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:30
Last Modified: 21 Feb 2020 07:30
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item