SISTEM INFORMASI PARIWISATA DI PROPINSI JAWA BARAT

Irawan, Tomy - 99350 (2002) SISTEM INFORMASI PARIWISATA DI PROPINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
Hlmn i-xiii.doc - Published Version

Download (77kB)
[img] Text
Abstraksi.doc - Published Version

Download (26kB)
[img] Text
Bab I-V.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sistem informasi pariwisata yang berbasis komputer mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan kepariwisataan, karena informasinya merupakan dasar pijakan bagi Dinas Pariwisata Daerah (DIPARDA) Jawa Barat untuk pengambilan keputusan dalam menentukan suatu kebijaksanaan, sehingga sistem informasi yang teratur dan tertib mutlak adanya agar DIPARDA Jawa Barat tersebut dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dapat berjalan lancar. Berkaitan dengan itu, penataan berkas (tabel) merupakan inti dari pengelolaan sistem informasi kepariwisataan, yang bertujuan untuk memudahkan dalam penyimpanan dan penemuan kembali data pariwisata secara cepat dan tepat apabila sewaktu-waktu diperlukan. Kepariwisataan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata. Pengembangan pariwisata tidak dapat berdiri sendiri dan manfaat maksimal hanya dicapai bila pertumbuhannya selaras dengan usaha pemeliharaan dan pengembangan sector-sektor lain. Usaha Pemerintah dalam pengembangan kepariwisataan sebagai salah satu upaya untuk meratakan pendapatan dan pembangunan dalam rangka pengisian otonomi yang nyata, dinamis, dan bertanggung jawab yang dapat menjamin perkembangan dan pembangunan daerah, maka telah ditetapkan Peraturan Pemerintah No. 24 tahun 1979, tentang penyerahan sebagian urusan Pemerintah dalam bidang kepariwisataan kepada Daerah TK.I. Peraturan Pemerintah tersebut merupakan landasan hukum dalam melaksanakan tugas dan kewajiban mengenal urusan kepariwisataan. Pengembangan pariwisata merupakan usaha yang terus menerus. Pengembangn itu harus mampu memberikan daya saing terhadap daerah tujuan wisata lain, baik dari segi pelayanan, atraksi maupun obyek wisata dan lain sebagainya, sehingga dapat menyesuaikan dengan selera wisatawan. Peranan DIPARDA dalam hal ini mutlak karena merupakan upaya yang penting sekali agar pengembangan pariwisata dapat mencapai sasarannya sebelum dilakukan pembangunan-pembangunan, peningkatan jenis-jenis jasa pelayanan yang dapat memuaskan wisatwan, ataupun dalam rangka penyelenggaraan pemasaran wisata yang tepat dan terarah. Karya Tulis ini mencoba menguraikan secara teoritis bagaimana penataan berkas Sistem Informasi Pariwisata ini, berdaya guna menurut kaidak umum, maupun ketentuan yang berlaku di DIPARDA Jawa Barat tersebut, dan bagaimana pelaksanaannya dilapangan. Kemudian, pada bagian lain dari karya tulis ini menguraikan keterbatasan-keterbatasn sistem informasi yang dioperasikannya. Sedangkan pad bagian akhir dari karya tulis ini, penulis mencoba untuk mengajukan saran-saran sebagai sumbangan pikiran atau bahan masukan bagi instansi DIPARDA Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Ir. Sudarmanto, M.T. Call Number : 236 Ira s
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi
Divisions: Jenjang Diploma Tiga > Manajemen Informatika (Informatics Management)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 09 Apr 2018 02:59
Last Modified: 09 Apr 2018 02:59
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/7732

Actions (login required)

View Item View Item