PENGENALAN PERILAKU GERAKAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN METODE ANIMASI RIGGING

Pratomo, Wahyu Garbo - 135410192 (2017) PENGENALAN PERILAKU GERAKAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN METODE ANIMASI RIGGING. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1_135410192_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_135410192_BAB I.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_135410192_BAB II.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img] Text
4_135410192_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
5_135410192_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6_135410192_BAB V.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_135410192_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_135410192_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img] Text
9_135410192_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Telah banyak media yang telah mengangkat tentang pengenalan binatang namun kebanyakan hanya berbentuk buku-buku majalah atau poster. Dalam Pengenalan perilaku hewan animasi rigging untuk menghasilkan media belajar berbasis android dengan menggunakan teknologi augmented reality. Maka dibutuhkan marker sebagai pemicu muncul.nya objek 3d animasi rigging. Metode Rigging adalah metode pemasangan kerangka terhadap suatu objek atau karakter. Sebuah rig karakter pada dasarnya adalah sebuah kerangka digital terikat mesh 3D. Sedangkan bone/tulang sendiri merupakan objek pembentuk “Body” animasi pada 3D sehingga gerakan animasi mudah diarahkan, sedangkan skinning yaitu memberikan pengaruh atau penempelan tulang hasil rigging terhadap model karakter. Tanpa adanya kedua proses tersebut, sebuah karakter tidak dapat bergerak dan animasi tidak bias diciptakan. Hasil dari implementasi dalam animasi rigging dapat menampilkan perilaku hewan, keterangan dan suara hewan yang dapat berjalan di perangkat android. Aplikasi augmented reality yang di bangun sudah bisa menmpilkan perilaku hewan sesuai yang diharapkan penulis. Dalam pembuatan animasi rigging selanjutnya, diharapkan dapat membuat controller pada tiap-tiap bagian objeck agar saat membuat animasi lebih mudah. Kata Kunci : animasi rigging, augmented reality, marker, perilaku hewan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Y.Yohakim Marwanta S.Kom, M.Cs.
Uncontrolled Keywords: animasi rigging, augmented reality, marker, perilaku hewan
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Users 1739 not found.
Date Deposited: 23 Agu 2017 06:45
Last Modified: 23 Agu 2017 06:46
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/4869

Actions (login required)

View Item View Item