TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA

Al Ustadi, Nur Muhammad - 135410207 (2017) TEKNOLOGI RIGGING UNTUK ANIMASI DI OBJEK AUGMENTED REALITY PADA APLIKASI PENGENALAN PANDAWA LIMA. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1_135410207_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_135410207_BAB_I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_135410207_BAB_II.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img] Text
4_135410207_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
5_135410207_BAB_IV.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_135410207_BAB_V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_135410207_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_135410207_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text
9_135410207_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10_135410207_MARKER.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
Official URL: http://eprints.akakom.ac.id

Abstract

Dalam perkembangan teknologi munculah teknologi yang mampu memvisualkan suatu benda dalam bentuk 3D, yaitu Teknologi Augmented Reality (AR) yang merupakan teknologi yang menggabungkan benda 3D ke dalam sebuah lingkungan nyata dalam memvisualkan benda maya tersebut secara real-time. Metode pelacakan target yang digunakan oleh Vuforia adalah Marker Based Tracking dengan metode pendeteksian dengan mencari titik (interest point) atau sudut (corner) pada suatu gambar. Istilah corner dan interest point sering digunakan secara bergantian. Rigging adalah pemberian struktur tulang pada objek 3 dimensi, agar ke depannya objek 3 dimensi tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut. Skeleton terdiri dari tiga bagian yaitu root sebagai awal skeleton, tip sebagai ujung skeleton, dan bone sebagai penghubung antara root dan tip. Wayang Golek adalah salah satu kesenian wayang tradisional dari Jawa Barat. berbeda dengan kesenian wayang di pulau jawa lainnya yang menggunakan kulit dalam pembuatan wayangnya, Wayang Golek merupakan kesenian wayang yang terbuat dari kayu. Dalam pertunjukan Wayang Golek ini sama seperti pertunjukan wanyang lainnya, lakon dan cerita di mainkan oleh seorang dalang. Penelitian ini bertujuan untuk menjadikan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai sarana untuk memvisualkan kesenian tradisional Wayang Golek kedalam smartphone sehingga pengguna bisa mengenali sifat dan prilaku dari karakter wayang khususnya tokoh-tokoh Pandawa lima. Kata kunci : augmented reality, marker based tracking, pandawa lima, skeleton, Wayang Golek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : augmented reality, marker based tracking, pandawa lima, skeleton, Wayang Golek
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Users 1386 not found.
Date Deposited: 21 Agu 2017 04:18
Last Modified: 21 Agu 2017 04:18
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/4791

Actions (login required)

View Item View Item