VISUALISASI BENDA TIGA DIMENSI MENGGUNAKAN OPEN GRAPHIC LIBRARY

Rufaidah S., Hetty - 045410380 (2007) VISUALISASI BENDA TIGA DIMENSI MENGGUNAKAN OPEN GRAPHIC LIBRARY. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
JADISATU.rtf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
Official URL: http://www.akakom.ac.id/

Abstract

Peran pemrograman grafis sangat dibutuhkan terutama bidang-bidang yang membutuhkan tampilan grafis sebagai alat bantu untuk memahami sesuatu atau menyelesaikan suatu masalah. Sehingga tampilan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan akan sangat membantu. Demikian pula dengan semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi di dunia ini, mengakibatkan beberapa penyelesaian masalah secara analitis dan numeris semakin sulit diterapkan. Kesulitan ini tidak sekedar terbatas pada metode penyelesaian, namun juga menyangkut beban komputasi dan akurasi. Dengan adanya kemajuan teknologi informasi diharapkan dapat menjawab tantangan dan permasalahan yang ada dengan peran andil pemrograman grafis khususnya. Seringkali seorang programmer pemula kesulitan dalam pembuatan objek-objek sederhana grafika, karena pada umumnya dibuat secara rinci dengan perhitungan-perhitungan matrik yang panjang atau yang biasa dikenal dengan objek primitif. Untuk mengatasi dan mempermudah hal itu pada skripsi ini diperkenalkan tentang pustaka OpenGL sebagai fungsi-fungsi untuk menggambar objek baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. OpenGL sebagai salah satu Application Programming Interface (API) dalam grafika, membuat mudah programer dalam membuat suatu grafik karena tidak perlu lagi harus mengetahui perhitungan matrik yang telah dibungkus dengan fungsi-fungsi pada pustaka OpenGL. Kode minimal untuk membuat aplikasi OpenGL, pembuatan objek-objek 3 dimensi sederhana dan transformasi yang dilakukan terhadap objek-objek 3 dimensi tersebut dapat memberikan kemudahan bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang OpenGL. Diharapkan dengan batasan masalah ini dapat memberikan pengetahuan dasar kepada programer 'khususnya pemula dalam pemrograman grafika komputer' untuk membuat animasi-animasi objek 3 dimensi menggunakan pustaka OpenGL. Kata kunci : Grafis, OpenGL,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Wagito.,S.T.,M.T.
Uncontrolled Keywords: Grafis, OpenGL,
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Sri Wahyuni.,SIP.
Date Deposited: 23 Des 2016 02:22
Last Modified: 23 Des 2016 02:22
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/2956

Actions (login required)

View Item View Item