Pemodelan Penjadualan Mata Pelajaran Dengan Coloring Graph

Suryati, Pulut (2008) Pemodelan Penjadualan Mata Pelajaran Dengan Coloring Graph. FORMAT: Majalah Ilmiah Informatika, Komputer Dan Bisnis, ix (1). pp. 2039-2060. ISSN 1410-9518

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2008 pulut Jurnal format.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://www. akakom.ac.id

Abstract

Penjadualan sering kali menjadi masalah dimana diharapkan penjadualan disusun tidak saling bertabrakan atau bersamaan baik ruang ataupun waktu. Teori graf adalah bagian dari matematika diskrip yang banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengambarkan atau menyatakan suatu persolana agar lebih mudah dimengerti dan diselesaikan. Pewarnaan Graf (coloring graphs) memiliki banyak variasi salah satunya adalah pemwarnaan node (colouring Vertices). Metode pewarnaan tersebut kemudian diaplikasikan dalam suatu sistem penjadwalan mata pelajaran. Masing-masing mata pelajaran yang berhubungan waktu pelaksanaannya akan menghasilkan simpul yang salang berhubungan. Mata pelajaran yang simpulnya berhubungan tersebut tidak dapat dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan. Kemmudian dihubungkan sehingga terbentuk suatu pemodelan graf. Pemodelan graf yang terbentuk dapat diwarnai dengan k-warna yang disebut sebagai bilangan pewarnan (chromatic number) dan dinyatakan dengan simbol ϒ(G) = k. Bilangan Pewarnaan akan menghasilkan jadual optimal yang bisa dialokasikan sebagai penjadwalan mata pelajaran. Kata Kunci : coloring graphs, coloring vertices, chromatic number, simpul

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: coloring graphs, coloring vertices, chromatic number, simpul
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: e-Artikel (e-Articles)
Depositing User: Sri Wahyuni.,SIP.
Date Deposited: 09 Jun 2016 02:07
Last Modified: 09 Jun 2016 02:34
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item